Monday, October 17, 2011

EKSPLORASI

         1.       Shell
               Shell adalah program yang menggubungkan user dengan sistem operasi  dlm hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sbagai user interface, tempat dimana user menginputkan  perintah2 yang di inginkan baik berupa perintah internal shell ataupun perintah eksekusi suatu file program, selain itu shell memungkinkan user menyusun  sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk d eksekusi sebagai program.
Contoh dari shell : command.com, macintosh finder, windows explorer, dll.
Beberapa shell jg dapat d gunakan untuk melakukan manajemen berkas. 

  2.      System call
System call menyediakan interface antara program (program pengguna yang berjalan ) dan bagian OS. System call menjadi jembatan antara proses dan sistem operasi. fungsi nya menghindarkan kompleksitas pemograman dengan memberi sekumpulan instruksi yang mudah digunakan. System call d tulis dalam bahasa assembly atau bahasa tingkat tinggi yang dapat mengendalikan mesin (C). Contoh : UNIX menyediakan System call: read, write => operasi I/O untuk file.
  
  3.   Command Interpreter
Sistem operasi menunggu intruksi dari user. Program yang dapat membaca intruksi dan mengartikan control statements berdasarkan masukan dari user umumnya disebut : control-card interpreter atau command-line interpreter. command interprenter  berfungsi membaca instruksi menyediakan beberapa  fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun  piranti lunak lain. instruksi yang dituliskan pada command interprenter ialah command line Command interpreter sangat bervariasi dari sistem operasi  ke sistem operasi lainnya dan di sesuaikan dengan tujuan dan teknologi device yang ada.

4.  API ( Aplication Programing Interface)
API merupakan sebuah script code yang di sediakan oleh system computer atau library program untuk mensupport sebuah program berkomunikasi dengan OS atau hardware. Atau API ialah seperangkat fungsi standar yang di sediakan oleh OS atau bahasa pemorograman.   





No comments:

Post a Comment